Silabus Mapel Bahasa Jawa Terbaru


KELAS VII SEM 1

Satuan pendidikan  : SMP

Mapel                    : Bahasa Jawa

Kelas/Semester      : VII / Gasal

KI1

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI2

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam       berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI3

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI4

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

1.1.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesa sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ungah-ungguh dalam kehidupan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengamati:

1.    Siswa mengamati tayangan video tentang penerapan tutur kata  yang sesuai dengan unggah –ungguh dirumah

2.    Siswa mengamati tayangan tentang penerapan tutur kata yang sesuai dengan  unggah-ungguh disekolah

 

Menanya:

Dengan dibimbing guru siswa bertanya tentang

1.       Ragam bahasa yang diterapkan

2.       Mengapa harus melakukan dengan unggah-ungguh

3.       Siapa yang menerapkan tutur kata yang sesuai dengan unggah-ungguh

4.       Bagai mana kalau tidak menerapkan unggah-ungguh

5.       Dimana tutur kata tersebut diterapkan

 

Menalar

Siswa secara kelompok mendiskusikan tentang :

1.       Bagaimana tutur kata yang tepat untuk berbagai keperluan dirumah dan disekolah

2.       Mengapa harus sesuai dengan  unggah-ungguh

3.       Bagaimana kalau  tidaksesuai dengan unggah-ungguh

 

Mencoba

Setelah berdiskusi siswa secara kelompok kemudian membuat contoh-contoh membuat percakapan atau tutur kata untuk bebagai keperluan baik dirumah maupun disekolah yang sesuai dengan unggah-ungguh Jawa

 

Mempresentasikan

Setiap kelompok kemudian menyampaikan hasil diskusi dan contoh penerapan  tutur kata yang sesuai dengan unggah-ungguh yang ada dirumah maupun disekolah secara bergantian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sikap Spritual

Penilaian dengan angket yang berisi tentang sikap perilaku spiritual siswa terhadap materi pelajaran yang dipelajarinya

 

Sikap Sosial

Penilaian dengan lembar observasi tentang aktifitas siswa selama diskusi dan berinteraksi dengan temanya

 

 Test unjuk kerja

Penilaian dengan Lembar penilaian yang menilai kemampuan siswa dalam menyampaikan hasil ataupun mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

 

Tes tertulis

Contoh soal bentuk PG

1.       Tuladhane matur nalika  nyuwun pamit marang wong tuwa  yen arep budhal sekolah kang paling trep kao unggah-ungguh yaiku

a.        Bua aku budhal siki ya!

b.       Bu kula budhal saiki ya!

c.        Bu kula mangkat tenan!

d.       Bu kula badhe bidhal samenika!

 

Contoh soal uraian

Tulisen  ature siswa lan unggah-ungguh yen arep menyang mburi!

 

 

Penugasan

Siswa mengumpulkan hasi diskusi yang telah dilakukanya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6 x 40 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Contoh teks percakapan dari  berbagai sumber

·      Internet.

·      Buku Referensi tentang unggah-ungguh basa Jawa.

·      Media Masa

1.2.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesasebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.

1.3.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesasebagai sarana menyampaikan informasi lisan dan tulis.

1.4.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesa untuk mengajarkan pendidikan karakter, adat, sopan-santun berbahasa serta bertingkah laku yang menjalin sistem tata hubungan masyarakat Jawa.

2.1.Menghargai dan menghayati kesantunan dalam berbahasa dan bertingkah laku dalam melaksanakan komunikasi fungsional antarpribadi dengan teman, guru, dan orang tua.

2.2.    Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Jawa yang penuh makna sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

2.3.    Memiliki perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun sebagai ciri khas karakter masyarakat Yogyakarta

2.4.    Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon suatu peristiwa.

3.1.Memahami fungsi teks lisan sesuai dengan unggah-ungguh Jawa

4.1.Menyusun teks lisan sesuai unggah ungguh Jawa  untuk berbagai keperluan. sederhana

KELAS VII SEM 2

 

KELAS

SILABUS

Satuan pendidikan : SMP …

Mata Pelajaran       : Bahasa Jawa

Kelas/Semester      : VII / Genap

KI1

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI2

 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam       berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI3

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI4

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori

 

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

1.1.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesa sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Geguritan bertema sosial dan budaya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.       Mengamati

a.        Siswa mengamati contoh teks/tayangan audio visual/pembacaan geguritan/pemodelan langsung tentang pembacaan geguritan bertema sosial  dan budaya.

b.       Siswa membuat catatan-catatan  penting kaitannya dengan tayangan.

2.       Menanya

Dengan dibimbing dan diarahkan oleh guru setelah mengamati siswa membuat pertanyaan kaitanya dengan pembacaan geguritan yang telah ditayangkan. Misalnya tentang:

a.    Suara

b.    Gaya

c.    Pakaian

d.    Isi

e.    Kata-kata penting dalam  

      geguritan

f.     Gerak tubuh

g.    Roman muka

3.       Menalar

Setelah memperoleh pertanyaan siswa kemudian berkelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibentuk kemudian berdiskusi untuk mencari jawaban dari berbagai pertanyaan yan sudah dikumpulkan kemudian guru  mengarahkan agar tema diskusi mengerucut kearah geguritan, apa itu geguritan, bagaimana membuatnya, apa saja yang harus diperhatikan waktu membuat geguritan dll.

4.       Mencoba

Setelah memperoleh pengetahuan tentang geguritan kemudian siswa secara berkelompok menyusun sebuah geguritan sederhana.

5.       Mengkomunikasikan

Secara bergantian setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi dan hasil penyusunan geguritannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sikap Spritual

Penilaian dengan angket yang berisi tentang sikap perilaku spiritual siswa terhadap materi pelajaran yang dipelajarinya

Sikap Sosial

Penilaian dengan lembar observasi tentang aktifitas siswa selama diskusi dan berinteraksi dengan temanya Test unjuk kerja

Penilaian dengan Lembar penilaian yang menilai kemampuan siswa dalam menyampaikan hasil ataupun mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

 Tes tertulis

Contoh soal bentuk PG

1.      Nalika maca geguritan kudu banter rindhike lan sero . Bab kuwi sing diarani kudu nggatekake …

a.        wicara

b.       wirama

c.        wirasa

d.       wiraga

Contoh soal uraian:

Tulisen  wosing isi geguritan kang ana ing tayangan kang wis koksemak!

 

Penugasan

Siswa menyusun geguritan bertema sosial secara individu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6 x 40 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Teks Geguritan

Buku Referensi tentang geguritan

Media Massa

internet

1.2.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesasebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.

1.3.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesa sebagai sarana menyampaikan informasi lisan dan tulis.

1.4.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesa untuk mengajarkan pendidikan karakter, adat, sopan-santun berbahasa serta bertingkah laku yang menjalin sistem tata hubungan masyarakat Jawa.

2.1.Menghargai dan menghayati kesantunan dalam berbahasa dan bertingkah laku dalam melaksanakan komunikasi fungsional antarpribadi dengan teman, guru, dan orang tua.

2.2.    Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Jawa yang penuh makna sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

2.3.    Memiliki perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun sebagai ciri khas karakter masyarakat Yogyakarta

2.4.    Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon suatu peristiwa.

3.4. Memahami (geguritan).  

4.4. Menyusun geguritan sederhana.

 


 

1.1.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesa sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tembang dolanan dan Macapat kinanthi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.       Mengamati

Siswa mengamati tayangan sekelompok anak yang sedang mendendangkan tembang dolanan dan Kinanthi

2.       Menanya

Setelah mengamati dengan seksama siswa dengan bimbingan guru membuat pertanyaan yang berkaitan dengan tembang dolanan dan Kinanthi yang telah didendangkan misalnya tentang:

a.        Judul lagu

b.       Isi lagu

c.        Manfaat tembang dolanan

d.       Siapa yang mendendangkan

e.       Jenis jenis tembang dolanan yang lain serta manfaatnya

3.       Menalar

Siswa berkelompok untuk membahas pertanyaan-pertanyan yang telah terkumpul

4.       Mencoba

Siswa secara berkelompok mencoba mendendangkan tembang dolanan dan Kinanthi yang tadi telah ditayangkan.

5.       Mengkomunikasikan

Setiap kelompok maju untuk menyampaikan hasil diskusi kelompoknya serta mencoba mendendangkan tembang dolanan dan Kinanthi yang telah ditayangkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sikap Spritual

Penilaian dengan angket yang berisi tentang sikap perilaku spiritual siswa terhadap materi pelajaran yang dipelajarinya

Sikap Sosial

Penilaian dengan lembar observasi tentang aktifitas siswa selama diskusi dan berinteraksi dengan temanya

Test unjuk kerja

Penilaian dengan Lembar penilaian yang menilai kemampuan siswa dalam menyampaikan hasil ataupun mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

 Tes tertulis

Contoh soal bentuk PG

2.     Wosing isi tembang dolanan “Gundhul-gundhul Pacul”, yaitu …

a.     Dadi bocah kudu sregep sinau

b.     Dadi  bocah aja gelelengan.

c.     Dadi bocah kudu ngerti isin.

d.     Dadi bocah aja kuminter.

Contoh soal uraian

Tulisen  piwulang kang becik saka isine tembang dolanan / tembang Kinanthi.

 

Penugasan

Siswa mengumpulkan hasil diskusi tentang isi tembang dolanan/Kinanthi yang telah dipelajari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6 x 40 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Teks Tembang Dolanan

Teks Tembang Kinanthi

Buku Referensi tentang Temabng Dolanan dan Kinanthi

internet

 

1.2.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesasebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.

1.3.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesasebagai sarana menyampaikan informasi lisan dan tulis.

1.4.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesa untuk mengajarkan pendidikan karakter, adat, sopan-santun berbahasa serta bertingkah laku yang menjalin sistem tata hubungan masyarakat Jawa.

2.1.Menghargai dan menghayati kesantunan dalam berbahasa dan bertingkah laku dalam melaksanakan komunikasi fungsional antarpribadi dengan teman, guru, dan orang tua.

2.2.    Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Jawa yang penuh makna sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

2.3.    Memiliki perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun sebagai ciri khas karakter masyarakat Yogyakarta

2.4.    Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon suatu peristiwa.

3.5.  Memahami  lagu dolanan dan

   tembang Macapat Kinanthi

.

4.5.   Melagukan lagu dolanan dan tembang Macapat Kinanthi


1.1.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesa sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aksara Jawa nglegena , sandhangan lan pasangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.       Mengamati

Siswa mengamati naskah/ teks sederhana bertulisan jawa.

2.       Menanya

Siswa membuat pertanyaan yang berhubungan naskah misalnya:

a.        Sandhangan apa saja yang ada dalam naskah

b.       Pasangan apa saja yang ada dalam naskah

3.       Menalar

Secara berkelompok siswa berdiskusi untuk mengelompokan atau menandai  yang sandhangan dan menandai yang pasangan.

Kemudian siswa mendiskusikan fungsi dari sandhangan dan pasangan yang telah ditemukan.

4.       Mencoba

Siswa mencoba menulis jawa berdasar pegetahuan yang telah ditemukan tersebut.

5.       Mengkomunikasikan

Siswa menyampaikan hasil diskusi  ke depan kelas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sikap Spritual

Penilaian dengan angket yang berisi tentang sikap perilaku spiritual siswa terhadap materi pelajaran yang dipelajarinya

 

Sikap Sosial

Penilaian dengan lembar observasi tentang aktifitas siswa selama diskusi dan berinteraksi dengan temanya Test unjuk kerja

Penilaian dengan Lembar penilaian yang menilai kemampuan siswa dalam menyampaikan hasil ataupun mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

 Tes tertulis

Contoh soal bentuk PG

3.     Sandhangan apa wae kang tinemu ing ukara:

?ajini=dirifumunu=ai=lqi.

a.        wulu, pepet, taling

b.       wulu, suku, cecak

c.        wulu, pepet, cecak

d.       wulu, pepet, taling.

Contoh soal uraian

Ukara iki salinen mawa aksara Jawa:

Dadi murid kudu taberi.

 

Penugasan

Menyalin naskah beraksara Jawa ke dalam huruf latin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6 x 40 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Teks sederhana beraksara Jawa

Buku pedoman penulisan dengan huruf Jawa

Media massa

1.2.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesasebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.

1.3.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesasebagai sarana menyampaikan informasi lisan dan tulis.

1.4.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesa untuk mengajarkan pendidikan karakter, adat, sopan-santun berbahasa serta bertingkah laku yang menjalin sistem tata hubungan masyarakat Jawa.

2.1.Menghargai dan menghayati kesantunan dalam berbahasa dan bertingkah laku dalam melaksanakan komunikasi fungsional antarpribadi dengan teman, guru, dan orang tua

.

2.2.    Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Jawa yang penuh makna sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

2.3.    Memiliki perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun sebagai ciri khas karakter masyarakat Yogyakarta

2.4.    Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon suatu peristiwa.

3.6    Memahami teks khusus yang berupa kalimat sederhana beraksara Jawa

 

4.6.  Membaca  dan menulis kalimat sederhana beraksara Jawa.

 

VIII SEM 1

SILABUS

Satuan pendidikan : SMP N ……………

Kelas/Semester      : VIII / Gajil

Kompetensi Inti     :

KI1

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI2

 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalamberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI3

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI4

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

1.1.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta

 

 

 

 

1.2.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esasebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.

1.3.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esasebagai sarana menyampaikan informasi lisan dan tulis.

1.4.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang MahaEsauntuk mengajarkan pendidikan karakter, adat, sopan-santun berbahasa serta bertingkah laku yang menjalin sistem tata hubungan masyarakat Jawa.

2.1.Menghargai dan menghayati kesantunan dalam berbahasa dan bertingkah laku dalam melaksanakan komunikasi fungsional antar pribadi dengan teman, guru, dan orang tua.

2.2.    Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Jawa yang penuh makna sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

2.3.    Memiliki perilaku demokratis, kreatif,  dan santun dalam membahas suatu masalah atau sudut pandang.

2.4.    Memiliki rasa percaya diri dalam mengungkap karya sastra Jawa.

3.1      Memahami berbagai fungsi teks lisan sesuai dengan unggah-ungguh Jawa.

Meminta perhatian, memuji, meminta ijin dengan bahasa yang benar

Mengamati:

1.       Siswa mengamati tayangan video tentang penerapan tutur kata  yang sesuai meminta perhatian, memuji, meminta ijin

 

Menanya:

Dengan dibimbing guru siswa bertanya tentang

1.       Ragam bahasa yang diterapkan

2.       Mengapa harus melakukan dengan unggah-ungguh

3.       Siapa yang menerapkan tutur kata yang sesuai dengan unggah-ungguh

4.       Bagaimana kalau tidak menerapkan unggah-ungguh

5.       Dimana tutur kata tersebut diterapkan

 

Menalar

Siswa secara kelompok mendiskusikan tentang :

1.       Bagaimana tutur kata yang tepat untuk berbagai keperluan

2.       Mengapa harus disesuaikan dengan  unggah-ungguh

3.       Bagaimana kalau  tidak sesuai dengan unggah-ungguh

 

Mencoba

Setelah berdiskusi siswa secara kelompok kemudian membuat contoh-contoh membuat percakapan atau tutur kata untuk bebagai keperluan  meminta ijin, memuji, meminta perhatian baik dirumah maupun disekolah yang sesuai dengan unggah-ungguh

 

Mempresentasikan

Setiap kelompok kemudian menyampaikan hasil diskusi dan contoh penerapan  tutur kata untuk meminta ijin, meminta perhatian, memuji  yang sesuai dengan unggah-ungguh yang ada diruah maupun disekolah secara bergantian

Sikap Spritual

Penilaian dengan angket yang berisi tentang sikap perilaku spiritual siswa terhadap materi pelajaran yang dipelajarinya

Sikap Sosial

Penilaian dengan lembar observasi tentang aktifitas siswa selama diskusi dan berinteraksi dengan temanya Test unjuk kerja

Penilaian dengan Lembar penilaian yang menilai kemampuan siswa dalam menyampaikan hasil ataupun mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

 Tes tertulis

Contoh soal bentuk PG

Kepriye anggonmu matur nalika nyuwun idi palilah melu kemah

a.       Bu aku melu kemah ya

b.      Bu aku kemah

c.       Bu kula nyuwun idi palilah badhe kemah

d.      Bu kula dipun parengke kemah nggih.

 

 

 

Contoh soal uraian

Tulisen gunemeu yen arep nyuwun dhuwit kanggo mbayar studi tour!

 

 

Penugasan

Siswa mengumpulkan hasi  diskusi yang telah dilakukanya

6 x 40 menit

·         Contoh teks percakapan dari  berbagai sumber

·         Internet.

·         Buku Referensi tentang unggah-ungguh basa Jawa.

·         Media Masa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.1. Menyusun teks lisan untuk berbagai keperluan di rumah dan sekolah sesuai dengan unggah-ungguh Jawa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.1.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.2.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esasebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.

1.3.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esasebagai sarana menyampaikan informasi lisan dan tulis.

1.4.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang MahaEsauntuk mengajarkan pendidikan karakter, adat, sopan-santun berbahasa serta bertingkah laku yang menjalin sistem tata hubungan masyarakat Jawa.

2.1.Menghargai dan menghayati kesantunan dalam berbahasa dan bertingkah laku dalam melaksanakan komunikasi fungsional antar pribadi dengan teman, guru, dan orang tua.

2.2.    Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Jawa yang penuh makna sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

2.3.    Memiliki perilaku demokratis, kreatif,  dan santun dalam membahas suatu masalah atau sudut pandang.

2.4.    Memiliki rasa percaya diri dalam mengungkap karya sastra Jawa.

3.2. Memahami strategi menyimak berita berbahasa Jawa.

Berita berbahasa jawa

Mengamati

Siswa mengamati rekanya yang sedang membaca berita berbahasa Jawa

 

Menanya

Dengan dibimbing guru siswa bertanya tetang

1.       Apa   isi berita

2.       Bagaimana membaca beritanya

3.       Bagaimana sikapnya ketika membaca

4.       Bertanya tentang penggunaan bahasa dalam teks  /tayangan yang diamati.

 

 

Mengasosiasi /Menalar

Setelah berkelompok siswa mendiskusikan berita  yang sudah dibaca didepan. Yang dibicarakan adalah

1.       Apa   isi berita yang sudah dibacakan rekanya

2.       Bagaimana tehnik membacanya

3.       Bagaimana sikapnya ketika membaca

4.       Mendiskusikan  tanggapan terhadap informasi-informasi dalam  teks berita berbahasa Jawa.

5.       Mendiskusikan  tanggapan terhadap gambaran  social yang ada dalam teks berita berbahasa Jawa

Eksperimen/ eksplorasi

Langkah berikutnya adalah siswa menyusun tanggapan dengan runtut dan baik  atas  berita  yang sudah dibacakan didepan

 

Menyusun teks tanggapan terhadap informasi dari teks berita berbahasa Jawa yang diamati dalam bentuk tulisan sesuai dengan kaidah dan kesantunan dalam berbahasa.

 

Membuat Jejaring

Siswa membacakan tanggapanya atas isi berita  yang sudah dibacakan oleh temanya.

 

Sikap Spritual

Penilaian dengan angket yang berisi tentang sikap perilaku spiritual siswa terhadap materi pelajaran yang dipelajarinya

 

Sikap Sosial

Penilaian dengan lembar observasi tentang aktifitas siswa selama diskusi dan berinteraksi dengan temanya Test unjuk kerja

 

Penilaian dengan Lembar penilaian yang menilai kemampuan siswa dalam menyampaikan hasil ataupun mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

 

 Tes tertulis

Contoh soal bentuk PG

1.       Yen ana kancamu kang crita pengalamane kepriye tanggapanmu sing bener?

a.       Kanthi  basa kang alus

b.      Kanthi basa kang  ora percaya

c.       Kanthi basa kang maido

d.      Ora percaya.

Contoh soal uraian

Kepriye tanggapan kang becik nalika kancamu crita pengalamane?

 

Penugasan

Siswa mengumpulkan hasi  diskusi yang telah dilakukanya

6 x 40 menit

·         Contoh teks berita berbahasa Jawa dari  berbagai sumber 

·         Internet.

·         Buku Referensi tentang  Tehnik membaca berita berbahasa  Jawa.

·         Media Masa

4.2      Menangkap informasi-informasi dalam berita berbahasa Jawa

 

 

 

 

 

1.1.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta

 

 

 

 

 

 

1.2.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esasebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.

 

1.3.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esasebagai sarana menyampaikan informasi lisan dan tulis.

 

1.4.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang MahaEsauntuk mengajarkan pendidikan karakter, adat, sopan-santun berbahasa serta bertingkah laku yang menjalin sistem tata hubungan masyarakat Jawa.

 

2.1.Menghargai dan menghayati kesantunan dalam berbahasa dan bertingkah laku dalam melaksanakan komunikasi fungsional antar pribadi dengan teman, guru, dan orang tua.

 

2.2.    Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Jawa yang penuh makna sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

2.3.    Memiliki perilaku demokratis, kreatif,  dan santun dalam membahas suatu masalah atau sudut pandang.

 

2.4.    Memiliki rasa percaya diri dalam mengungkap karya sastra Jawa.

 

3.3. Memahami cara menanggapi siaran berita berbahasa Jawa.

Berita berbahasa Jawa

Mengamati

1.       Mengamati  contoh teks berita berbahasa Jawa/ tayangan audiovisual berita berbahasa Jawa.

Menanya

1.       Bertanya jawab tentang isi/ hal-hal yang ada dalam teks  /tayangan yang diamati.

Menalar

1.       Mendiskusikan  informasi-informasi dalam  teks berita berbahasa Jawa.

2.       Mendiskusikan  fakta dan opini yang ada dalam teks berita berbahasa Jawa.

3.       Mendiskusikan  struktur kebahasaan dalam teks berita berbahasa Jawa yang diamati.

4.       Menyusun tanggapan

Mencoba

·         Menyusun teks hasil diskusi dalam bentuk tulisan sesuai dengan kaidah dan kesantunan dalam berbahasa.

·         Menyusun sebuah tanggapan atas suatu berita

Mengkomunikasikan

·         Mempresentasikan hasil tulisan di depan kelas

·         Memberikan tanggapan terhadap hasil tulisan dengan sikap dan kesantunan.

Sikap Spritual

Penilaian dengan angket yang berisi tentang sikap perilaku spiritual siswa terhadap materi pelajaran yang dipelajarinya

 

Sikap Sosial

Penilaian dengan lembar observasi tentang aktifitas siswa selama diskusi dan berinteraksi dengan temanya Test unjuk kerja

 

Penilaian dengan Lembar penilaian yang menilai kemampuan siswa dalam menyampaikan hasil ataupun mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

 

Jenis Tagihan

·         Tugas Individu

Mengidentifikasi   hal-hal yang berhubungan dengan teks berita berbahasa Jawa.

·         Tugas  Kelompok

Mengidentifikasi   hal-hal yang berhubungan dengan teks berita berbahasa Jawa.

 

 Menyusun teks berita berbahasa Jawa sesuai kaidah kebahasaan dan kesantunan berbahasa.

·         Tes tertulis berkaitan dengan isi teks berita berbahasa Jawa.

 

Bentuk Instrumen

·         Unjuk  Kerja

Menbawakan  teks  berita berbahasa Jawa.

·      Uraian dan pilihan ganda tentang struktur isi dan dan cirri bahasa teks berita berbahasa Jawa.

·         Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan dan kecermatan penggunaan bahasa dalam membawakan teks berita berbahasa Jawa.

2 X 2 jp

·         Contoh teks berita berbahasa Jawa dari  berbagai sumber 

·         Internet.

·         Buku Referensi tentang  Tehnik membaca berita berbahasa  Jawa.

·         Media Masa

 

4.3.Menyusun tanggapan dari siaran berita berbahasa Jawa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.1.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta

 

 

 

 

 

1.2.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esasebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.

 

1.3.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esasebagai sarana menyampaikan informasi lisan dan tulis.

 

1.4.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang MahaEsauntuk mengajarkan pendidikan karakter, adat, sopan-santun berbahasa serta bertingkah laku yang menjalin sistem tata hubungan masyarakat Jawa.

 

2.1.Menghargai dan menghayati kesantunan dalam berbahasa dan bertingkah laku dalam melaksanakan komunikasi fungsional antar pribadi dengan teman, guru, dan orang tua.

 

2.2.    Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Jawa yang penuh makna sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

2.3.    Memiliki perilaku demokratis, kreatif,  dan santun dalam membahas suatu masalah atau sudut pandang.

 

2.4.    Memiliki rasa percaya diri dalam mengungkap karya sastra Jawa.

 

3.4. Memahami cerita pendek berbahasa Jawa (cerkak).

Cerkak

Mengamati

Siswa mengamati cerkak yang sudah disiapkan

 

Menanya

Dengan bimbingan guru siswa bertanya  tentang:

1.       Unsur intrinsik cerkak

2.       Ajaran budi pekerti dalam cerkak

3.       Isi cerkak

4.       Unsur instringksik cerkak

 

Mengasosiasi /Menalar

Setelah mencermati tayang kemudian secara berkelompok siswa mendiskusikan tentang

1.       Unsur itringsik cerkak

2.       Ajaran budi pekerti dalam cerkak

3.       Isi cerkak

4.       Mendiskusikan  unsur-unsur dalam cerita cekak yakni tema, alur, tokoh, perwatakan, latar, nilai pendidikan/amanat/ pesan.

5.       Mendiskusikan  refleksi isi cerita cekak terhadap gambaran  social

 

Mencoba

Siswa bekerja sama dalam satu kelompok untuk menentukan unsur intringsik dalam cerkak serta mencari ajaran budi pekerti yang ada dalam cerkak

 

 

Membuat Jejaring

Siswa menyampaikan hasil diskusinya didepan kelas secara bergantian kemudian menyusun sebuah kesimpulan

.

Sikap Spritual

Penilaian dengan angket yang berisi tentang sikap perilaku spiritual siswa terhadap materi pelajaran yang dipelajarinya

 

Sikap Sosial

Penilaian dengan lembar observasi tentang aktifitas siswa selama diskusi dan berinteraksi dengan temanya

 

Test unjuk kerja

Penilaian dengan Lembar penilaian yang menilai kemampuan siswa dalam menyampaikan hasil ataupun mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

 

·          Tugas Individu

Mengidentifikasi   unsur-unsur intrinsik dalam  cerita cekak.

·         Tugas Kelompok

Mengidentifikasi   unsur-unsur intrinsik dalam  cerita cekak.

Mengurai isi cerkak yang diamati  sesuai kaidah kebahasaan dan kesantunan berbahasa.

·         Tes tertulis berkaitan dengan unsur-unsur intrinsik cerita cekak .

Bentuk Instrumen

·         Unjuk  Kerja

Membacakan teks cerita cekak dengan tehnik yang tepat. (4 W).

·      Uraian dan pilihan ganda tentang  unsur-unsur cerita cekak.

Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan dan kecermatan penggunaan bahasa dalam membacakan teks cerita cekak.Tes

 

6×40 menit

·         Contoh teks  cerita cekak dari  berbagai sumber

·         Internet.

·         Buku Referensi tentang  karya sastra Jawa cerkak.

·         Media Masa

 

4.4. Mengurai unsur-unsur cerkak.

KELAS VIII SEM 2

SILABUS

Satuan pendidikan : SMP N ………………..

Kelas/Semester      : VIII / Genap

KI1

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI2

 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam       berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI3

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI4

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

1.1.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesa sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta

Geguritan

Terintegrasi pada KD di KI 3 dan 4

1.2.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesasebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.

1.3.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesa sebagai sarana menyampaikan informasi lisan dan tulis.

1.4.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesa untuk mengajarkan pendidikan karakter, adat, sopan-santun berbahasa serta bertingkah laku yang menjalin sistem tata hubungan masyarakat Jawa.

2.1.Menghargai dan menghayati kesantunan dalam berbahasa dan bertingkah laku dalam melaksanakan komunikasi fungsional antarpribadi dengan teman, guru, dan orang tua.

2.2.    Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Jawa yang penuh makna sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

2.3.    Memiliki perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun sebagai ciri khas karakter masyarakat Yogyakarta

2.4.    Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon suatu peristiwa.

3.5.  Memahami puisi Jawa (geguritan).

.

1.Pengenalan Geguritan

2.Perbedaan bahasa dalam geguritan dengan bahasa lisan

3.Mengartikan kata-kata dalam geguritan

4.Memaknai isi geguritan

5.Teori teknik membaca Geguritan

6.Praktik membaca geguritan

Mengamati

·   Membaca geguritan dengan cermat

 

Menanya

·   Mendorong siswa menanyakan hal yang ada dalam geguritan, misalnya makna kata, tema, rima, dll.

·  Mendorong siswa menanyakan teknik membaca geguritan yang baik

·   Mendorong siswa menanyakan hal-hal yang harus dilakukan sebelum membaca geuritan

 

Mengeksplorasikan

·   Mendiskusikan isi geguritan

·   Mendiskusikan ciri/fitur geguritan

·   Memparafrase geguritan

·   Mendiskusikan cara membaca geguritan yang baik

·   Mendiskusikan hal-hal yang harus dilakukakn sebelum membaca geguritan

 

 

Mengasosiasi

·   Menemukan contoh geguritan yang bertema sama

·         Mengidentifikasi cara membaca geguritan yang bertema lain

 

Mengomunikasikan

  • Mempresentasikan hasil diskusi tentang geguritan dan ciri/fitur geguritan
  • Mempraktikkan membaca geguritan dengan teknik yang benar
  • Menanggapi praktik geguritan yang dilakukan oleh teman

 

Sikap Spritual

Penilaian dengan angket yang berisi tentang sikap perilaku spiritual siswa terhadap materi pelajaran yang dipelajarinya

Sikap Sosial

Penilaian dengan lembar observasi tentang aktifitas siswa selama diskusi dan berinteraksi dengan temanya Test unjuk kerja

Penilaian dengan Lembar penilaian yang menilai kemampuan siswa dalam menyampaikan hasil ataupun mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

Jenis tagihan  ;

·      Tugas individu

Mencari teks geguritan yang bertema sama.

 

Bentuk instrument :

·      Format pengamatan untuk menilai keaktifan dalam diskusi

·      Sikap Spritual, penilaian dengan angket yang berisi tentang sikap perilaku spiritual siswa terhadap materi pelajaran yang dipelajarinya

·      Sikap Sosial, penilaian dengan lembar observasi tentang aktifitas siswa selama diskusi dan berinteraksi dengan temanya

·      Uji petik kerja

Meringkas isi geguritan dalam bentuk kalimat

  • Soal Uraian bebas dan pilihan ganda tentang fitur dan isi teks geguritan
  • Uji petik kerja membaca geguritan
  • Format pengamatan membaca geguritan
  • Sikap Spritual, penilaian dengan angket yang berisi tentang sikap perilaku spiritual siswa terhadap materi pelajaran yang dipelajarinya

 

6 x 40 menit

·     Contoh teks geguritan

·     Buku referensi tentang genre geguritan 

6.5.  Membaca  geguritan .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s