LAMPIRAN : II
PERATURAN GUBERNUR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
NOMOR :
TENTANG : MATA PELAJARAN BAHASA JAWA SEBAGAI MUATAN LOKAL DI
SEKOLAH / MADRASAH
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA JAWA
SMP/MTs 2013
KELAS VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR |
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya |
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta 1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis. 1.3. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyampaikan informasi lisan dan tulis. 1.4. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mengajarkan pendidikan karakter, adat, sopan-santun berbahasa serta bertingkah laku yang menjalin sistem tata hubungan masyarakat Jawa. |
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
2.1.Menghargai dan menghayati kesantunan dalam berbahasa dan bertingkah laku dalam melaksanakan komunikasi fungsional antarpribadi dengan teman, guru, dan orang tua. 2.2. Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Jawa yang penuh makna sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. 2.3. Memiliki perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun sebagai ciri khas karakter masyarakat Yogyakarta 2.4. Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon suatu peristiwa. |
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
3.1.Memahami fungsi teks lisan sesuai dengan unggah-ungguh Jawa 3.2. Memahami tujuan, fungsi menceritakan pengalaman 3.3. Memahami cangkriman dan parikan. 3.4. Memahami (geguritan). 3.5. Memahami lagu dolanan dan tembang Macapat Kinanthi 3.6. Memahami teks khusus yang berupa kalimat sederhana beraksara Jawa. |
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori |
4.1. Menyusun teks lisan sesuai unggah ungguh Jawa untuk berbagai keperluan. sederhana 4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menceritakan pengalaman . 4.3. Menyusun cangkriman dan parikan secara sederhana. 4.4. Menyusun geguritan sederhana. 4.5. Melagukan lagu dolanan dan tembang Macapat Kinanthi 4.6. Membaca dan menulis kalimat sederhana beraksara Jawa.
|
KELAS VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR |
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya |
1.1.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai ciri khas keistimewaan DIY 1.2.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis. 1.3. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyampaikan informasi lisan dan tulis. 1.4. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mengajarkan pendidikan karakter, adat, sopan-santun berbahasa serta bertingkah laku yang menjalin sistem tata hubungan masyarakat Jawa. |
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
2.1.Menghargai dan menghayati kesantunan dalam berbahasa dan bertingkah laku dalam melaksanakan komunikasi fungsional antarpribadi dengan teman, guru, dan orang tua. 2.2. Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Jawa yang penuh makna sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. 2.3. Memiliki perilaku demokratis, kreatif, dan santun dalam membahas suatu masalah atau sudut pandang . 2.4. Memiliki rasa percaya diri dalam mengungkap karya sastra Jawa. |
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
3.1.Memahami berbagai fungsi teks lisan sesuai dengan unggah-ungguh Jawa. 3.2. Memahami strategi menyimak berita berbahasa Jawa. 3.3. Memahami cara menanggapi siaran berita berbahasa Jawa 3.4. Memahami cerita pendek berbahasa Jawa (cerkak).
3.5. Memahami puisi Jawa (geguritan). 3.6. Memahami tembang Macapat Pangkur dan Maskumambang 3.7. Memahami teks khusus yang berupa kalimat sederhana beraksara Jawa. |
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori |
4.1.Menyusun teks lisan untuk berbagai keperluan dirumah dan sekolah sesuai dengan unggah-ungguh Jawa. 4.2. Menangkap informasi-informasi dalam berita berbahasa Jawa 4.3. Menyusun tanggapan dari siaran berita berbahasa Jawa 4.4. Mengurai unsur-unsur cerkak. 4.5. Membaca geguritan . 4.6. Melagukan tembang Macapat Pangkur dan Maskumambang 4.7. Membaca dan menulis kalimat beraksara Jawa.
|
KELAS IX