KISI-KISI UJI AWAL KOMPETENSI GURU 2012


Kisi-Kisi Bahasa Indonesia

1 Kisi-Kisi Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Tahun 2012

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Jenjang : SMP/SMA

Kompetensi Inti Guru (Standar Kompetensi) l 1. Mengungkapkan secara lisan wacana nonsastra

Kompetensi Guru Mata pelajaran(Kompetensi Dasar)

1.1 Menggunakan wacana lisan untuk wawancara

Indikator Esensia

1.1.1 Disajikan penggalan teks wawancara, guru dapat menentukan jenis pertanyaan yang cocok dengan   kutipan.

1.1.2 Disajikan sebuah pertanyaan untuk wawancara, guru dapat menentukan jawaban yang harus disampaikan narasumber dengan benar

1.2 Menggunakan wacana lisan untuk presentasi laporan dan pidato

1.2.1 Disajikan penggalan pidato, guru dapat memilih kalimat yang tidak sesuai dengan konteksnya.

1.2.2 Disajikan penggalan pidato, guru dapat menentukan jenis komponen pidato yang sesuai dengan penggalan tersebut.

1.2.3 Disajikan sebuah konteks berpidato, guru dapat menentukan kalimat pembuka/penutup pidato yang benar.

1.3 Menggunakan wacana lisan untuk diskusi

Indikator Esensia

1.3.1 Disajikan pernyataan yang disampaikan dalam diskusi, guru dapat menentukan pernyataan persetujuan atau tidak persetujuan yang tepat.

1.3.2 Disajikan sebuah konteks diskusi, guru dapat memilih komponen diskusi yang seharusnya ada.

2. Mengungkapkan wacana tulis nonsastra

2.1 Menulis pesan singkat dan surat

Indikator Esensia

2.1.1 Disajikan konteks kebutuhan pembuatan surat dinas, guru dapat menentukan pembuka surat yang tepat.

2.1.2 Disajikan konteks kebutuhan pembuatan surat dinas, guru dapat menentukan penutup surat yang tepat.

2.1.3 Disajikan konteks pembuatan surat pribadi, guru dapat menentukan isi surat pribadi yang santun.

2.1.4 Disajikan konteks kelembagaan pembuat surat, guru dapat memilih penulisan kepala surat yang tepat. 2.1.5 Disajikan konteks kebutuhan menulis memo dari seorang pejabat, guru dapat memilih kalimat isi memo yang tepat .

2.2 Menulis teks berita

Indikator Esensia

2.2.1 Disajikan sebuah berita, guru dapat menentukan kelemahan penulisan berita tersebut.

2.3 Menulis slogan, poster, dan iklan baris

Indikator Esensia

2.3.1 Disajikan sebuah slogan, guru dapat menentukan kelemahan slogan tersebut.

2.4 Menulis karya ilmiah

Indikator Esensia

2.4.1 Disajikan tema sebuah karangan, guru dapat menentukan komponen isi karangan secara tepat.

2.4.2 Disajikan sebuah kutipan dari buku yang disertai dengan identitas buku, guru dapat menentukan kutipan yang tepat.

2.4.3 Disajikan identitas tiga buku, guru dapat menuliskan daftar pustaka secara tepat. Kisi-Kisi Bahasa Indonesia 2 Kompetensi Inti Guru (Standar Kompetensi) Kompetensi Guru Mata pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial

2.4.4 Disajikan sebuah konteks penulisan karya ilmiah, guru dapat menentukan penulisan judul yang tepat. 2.4.5 Disajikan penggalan karya ilmiah, guru dapat menentukan penggalan tersebut termasuk dalam komponen apa.

2.5 Menulis paragraf

Indikator Esensia

2.5.1 Disajikan sebuah paragraf yang bagian awalnya dirumpangkan, guru dapat memilih kalimat yang tepat mengawali paragraf.

2.5.2 Disajikan sebuah paragraf yang bagian akhirnya dirumpangkan, guru dapat memilih kalimat yang tepat mengawali paragraf.

2.5.3 Disajikan sebuah paragraf, guru dapat menentukan paragraf lain yang pola pengembangannya sama. 2.5.4 Disajikan sebuah paragraf yang penanda hubung antarkalimatnya dihilangkan, guru dapat memilih kata hubung yang paling tepat.

2.6 Menulis kalimat dan penggunaan ejaan

Indikator Esensia

2.6.1 disajikan sebuah kalimat yang salah beberapa ejaannya, guru dapat memilih kalimat yang ejaannya benar

2.6.2 Disajikan kalimat yang tidak efektif, guru dapat menentukan kalimat efektifnya

3. Memahami wacana nonsastra

3.1 Memahami berbagai teks

Indikator Esensia

3.1.1 Disajikan sebuah paragraf, guru dapat memilih kalimat topik yang tepat.

3.1.2 Disajikan sebuah paragraf, guru dapat memilih kalimat penjelas yang tidak mendukung isi paragraf.

3.1.3 Disajikan sebuah paragraf, guru dapat memilih ide pokok yang tepat.

3.1.4 Disajikan satu penggalan teks, guru dapat menentukan makna kalimat yang selaras dengan teks (secara tersirat).

3.2 Menyimpulkan dan merangkum isi suatu teks

Indikator Esensia

3.2.1 Disajikan satu penggalan teks, guru dapat memilih simpulan yang cocok dengan isi teks.

3.2.2 Disajikan satu penggalan teks, guru dapat menentukan rangkuman yang relevan dengan isi teks.

3.3 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks

Indikator Esensia

3.3.1 Disajikan sebuah teks, guru dapat memilih fakta yang terdapat dalam teks secara benar.

3.3.2Disajikan sebuah teks, guru dapat memilih opini yang terdapat dalam teks secara benar.

3.4 Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian

Indikator Esensia

3.4.1 Disajikan sebuah tabel, guru dapat menentukan simpulan isi tabel secara benar.

3.4.2 Disajikan sebuah diagram, guru dapat menentukan simpulan isi tabel secara benar.

4. Membacakan dan membawakan karya sastra

4.1 Membacakan cerita pendek atau novel

Indikator Esensia

4.1.1 Berdasarkan kutipan cerpen atau novel, guru dapat menyimpulkan cara bercerita dengan memperhatikan lafal, intonasi, dan ekspresi

4.2 Membacakan puisi

Indikator Esensia

4.2.1 Berdasarkan kutipan puisi, guru dapat menyimpulkan cara membaca puisi dengan memperhatikan lafal, intonasi, dan ekspresi

4.3 Membawakan atau

Indikator Esensia

4.3.1 Berdasarkan kutipan dialog drama, guru dapat menyimpulkan Kisi-Kisi Bahasa Indonesia 3 Kompetensi Inti Guru (Standar Kompetensi) Kompetensi Guru Mata pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial memerankan drama cara memerankan drama dengan memperhatikan lafal, intonasi, ekspresi, dan lakuan 5. Memahami ragam teks sastra

5.1 Memahami unsurunsur puisi lama dan baru

Indikator Esensia

5.1.1 Guru dapat menyimpulkan pesan puisi dengan tepat, berdasarkan kutipan puisi yang sajikan.

5.1.2 Guru dapat menyimpulkan tema puisi dengan tepat, berdasarkan kutipan puisi yang sajikan 5.1.3 Guru dapat melengkapi puisi dengan mempertimbangkan rima berdasarkan kutipan puisi yang dirumpangkan

5.1.4 Guru dapat melengkapi puisi dengan pilihan dan makna kata yang tepat, berdasarkan kutipan puisi yang dirumpangkan

5.1.5 Guru dapat menentukan makna puisi dengan tepat, berdasarkan kutipan puisi yang sajikan

5.1.6 Guru dapat melengkapi puisi dengan mempertimbangkan majas yang tepat, berdasarkan kutipan puisi yang dirumpangkan \

5.1.7 Guru dapat menentukan pencitraan dengan tepat, berdasarkan kutipan puisi yang sajikan

5.2 Memahami unsurunsur cerita pendek atau novel

Indikator Esensia

5.2.1 Guru dapat menyimpulkan tema cerita pendek atau novel dengan tepat berdasarkan kutipan yang disediakan. 5.2.2 Guru dapat menganalisis watak tokoh dengan tepat berdasarkan kutipan cerpen atau novel yang disediakan. 5.2.3 Guru dapat menentukan latar cerita pendek atau novel dengan tepat berdasarkan kutipan yang disediakan. 5.2.4 Guru dapat menentukan sudut pandang cerita pendek atau novel dengan tepat berdasarkan kutipan yang disediakan. 5.2.5 Guru dapat menentukan alur cerita pendek atau novel dengan tepat berdasarkan kutipan yang disediakan. 5.2.6 Guru dapat menentukan pesan cerita pendek atau novel dengan tepat berdasarkan kutipan yang disediakan. 5.3 Memahami unsurunsur drama 5.3.1 Guru dapat menentukan alur drama, berdasarkan kutipan dialog drama yang disajikan. 5.3.2 Guru dapat menentukan pesan drama, berdasarkan kutipan dialog drama yang disajikan. 5.3.3 Guru dapat menentukan tema drama, berdasarkan kutipan dialog drama yang disajikan. 5.3.4 Guru dapat menentukan latar drama, berdasarkan kutipan dialog drama yang disajikan tokoh. 6. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui karya sastra 6.1 Menulis pantun sesuai dengan syarat pantun 6.1.1 Disajikan sebuah pantun, guru dapat memilih dengan tepat pantun yang sejenis. 6.1.2 Guru dapat melengkapi pantun dengan tepat berdasarkan isi atau sampiran pantun yang disajikan. 6.1.3 Guru dapat melengkapi pantun dengan rima yang tepat dari pantun yang dirumpangkan. 6.2 Menulis dongeng 6.2.1 Guru dapat menyusun kembali dongeng dengan urutan yang tepat berdasarkan kutipan dongeng yang kalimat-kalimatnya diacak. 6.2.2 Guru dapat melengkapi dongeng dengan latar yang tepat berdasarkan kutipan dongeng yang dirumpangkan. 6.2.3 Guru dapat menentukan tokoh dongeng dengan tepat berdasarkan dongeng yang dirumpangkan. 6.3 Menulis puisi bebas 6.3.1 Guru mampu menyusun kembali puisi dengan isi yang tepat Kisi-Kisi Bahasa Indonesia 4 Kompetensi Inti Guru (Standar Kompetensi) Kompetensi Guru Mata pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial berdasarkan kutipan puisi yang larik-lariknya diacak 6.3.2 Guru mampu menyusun rima dan isi puisi yang tepat berdasarkan kutipan puisi yang dirumpangkan. 6.4 Menulis drama 6.4.1 Guru menyusun dialog drama dengan tepat, berdasarkan ilustrasi yang disajikan 6.4.2 Guru melengkapi keterangan lakuan drama, berdasarkan dialog yang disajikan 6.5 Menulis cerpen 6.5.1 Guru dapat menyusun kembali alur cerpen dengan urutan yang tepat berdasarkan kutipan cerpen yang kalimat-kalimatnya diacak. 6.5.2 Guru dapat melengkapi cerpen dengan latar yang tepat berdasarkan kutipan cerpen yang dirumpangkan. 6.5.3 Guru dapat menentukan tokoh cerpen dengan tepat berdasarkan cerpen yang dirumpangkan. 6.6 Menulis kritik dan esai 6.6.1 Berdasarkan ilustrasi yang diberikan, guru dapat menulis isi kritik 6.6.2 Guru bisa memilih tulisan kritik yang bahasanya santun 7. Memiliki Kompetensi. Pedagogis Pembela-jaran Bahasa Indonesia 7. 1 Menyusun RPP, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menyimak yang mendidik 7.1.1 Setelah disajikan sebuah KD “menyimak” guru dapat memilih indikator yang tepat 7.1.2 Disajikan KD “menyimak” guru dapat memilih rancangan materi pembelajaran yang tepat 7.1.3 Disajikan rancangan pembelajaran dengan KD “menyimak” guru dapat memilih media yang tepat 7.1.4 Guru dapat memilih jenis evaluasi pembelajaran menyimak dengan KD “menyimak” 7.1.5 Disajikan situasi penilaian pembelajaran menyimak dengan KD “menyimak” guru dapat memilih jenis pertanyaan yang sesuai dengan prinsip pembelajaran BI yang mendidik 7.2 Menyusun RPP, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran berbicara yg mendidik 7.2.1 Guru dapat memilih materi yang sesuai dengan KD “berbicara” 7.2.2 Disajikan sebuah metode pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan KD “berbicara” guru dapat memperbaiki langkah pembelajaran yang kurang tepat. 7.2.3 Setelah disajikan KD ”berbicara” guru dapat memilih jenis tes yang tepat 7.3 Menyusun RPP, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran membaca yg mendidik 7.3.1 Disajikan sebuah KD “membaca” guru dapat memilih indikator yang sesuai dengan KD tersebut. 7.3.2 Disajikan KD “membaca“ guru dapat memilih metode yang tepat. 7.3.3 Disajikan konteks pelaksanaan pembelajaran membaca dengan KD “tertentu” guru dapat memilih media yang tepat. Kisi-Kisi Bahasa Indonesia 5 Kompetensi Inti Guru (Standar Kompetensi) Kompetensi Guru Mata pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial 7.4 Menyusun RPP, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis yg mendidik 7.4.1 Setelah disajikan KD “menulis” guru dapat memilih indikator yang tepat 7.4.2 Disajikan KD ”menulis” guru dapat memilih materi pembelajaran yang tepat 7.4.3 Disajikan sebuah konteks metode pembelajaran menulis guru dapat menentukan KD yang sesuai dengan rancangan metode tersebut. 7.4.4 Disajikan gambar-gambar media pembelajaran menulis guru dapat menentukan KD yang sesuai dengan rancangan media tersebut. 7.4.5 Disajikan konteks pembelajaran menulis dengan KD “tertentu” guru dapat memilih metode dan merancang pelaksanaan pembelajaran dengan benar. 8. Memiliki Kompetensi Pedagogis Pembelajaran Sastra Indonesia (puisi, prosa fiksi, drama) 8.1 Menyusun RPP, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menyimak unsur dan nilai karya sastra yang mendidik 8.1.1 Disajikan KD “menyimak sastra” guru dapat memilih materi yang tepat. 8.1.2 Disajikan KD “menyimak sastra” guru dapat menentukan teknik evaluasi yang tepat 8.1.3 Disajikan KD “menyimak sastra” guru dapat menentukan jenis penilaian yang tepat. 8.2 Menyusun RPP, melaksanaka, dan mengevaluasi pembelajaran berbicara unsur dan nilai karya sastra yang mendidik 8.2.1 Disajikan sebuah konteks pembelajaran berbicara sastra dengan KD ”tertentu” guru dapat menilai materi yang tepat. 8.2.2 Disajikan konteks pembelajaran berbicara sastra dengan KD “tertentu” guru dapat menganalisis rancangan pembelajaran yang sesuai dengan KD tersebut. 8.2.3 Disajikan KD “berbicara sastra” guru dapat memilih media yang tepat 8.2.4 Disajikan sebuah kriteria penilaian “berbicara sastra” guru dapat menilai ketepatan criteria tersebut. 8.3 Menyusun RPP, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran membaca unsur dan nilai karya sastra yang mendidik 8.3.1 Disajikan sebuah KD “tertentu” guru dapat menentukan sumber belajar yang tepat. 8.3.2 Disajikan KD ”membaca sastra”. Guru dapat memilih materi yang tepat. 8.3.3 Disajikan KD “Membaca sastra” guru dapat memilih materi yang tepat 8.4 Menyusun RPP, melaksanakan, dan 8.4.1 Disajikan indikator pembelajaran guru dapat memilih KD “menulis sastra” yang tepat untuk indikator tersebut Kisi-Kisi Bahasa Indonesia 6 Kompetensi Inti Guru (Standar Kompetensi) Kompetensi Guru Mata pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial mengevaluasi pembelajaran menulis kreatif karya sastra yang mendidik 8.4.2 Disajikan KD “menulis sastra “ guru dapat memilih rancangan pembelajaran yang tepat 8.4.3 Disajikan KD ”menulis sastra” guru dapat memilih media yang tepat 8.4.4 Disajikan tabel penilaian dengan KD “menulis sastra” guru dapat menentukan alat penilaian yang kurang tepat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s